De Winst Free read ë 0

Review Ö PDF, DOC, TXT or eBook ☆ Afifah Afra

Usai menamatkan sarjana ekonomi dari Universiteit Leiden RM Rangga Puruhita kembali ke Hindia Belanda untuk mempraktekkan ilmu yang ia miliki demi kemajuan para pribumi Te. Di Gramedia Depok akhir Mei lalu saya tertarik dengan sampul luarnya Gelap berawan dan secercah cahaya di ufuk yang menerangi sepasang manusia yang saling berhadapan Bagi saya menjanjikan sesuatu MisteriusLalu ada nama pengarangnya yang saya sudah kenal sebagai salah satu aktivis FLP yang cukup produktif dan belum satu pun bukunya saya baca Waah mungkin sudah waktunya saya beli ni Sayang anggaran terbatas dan petang itu buku ini tak jadi saya masukkan tas belanjaKurang dari sebulan kemudian seorang teman meminjamkannya pada saya Pucuk dicinta ulam tiba Gratis pulak Dan ternyata ulam di tangan langsung terbang jauh ke angkasa begitu membaca bab bab pertama nanti dulu Yang bisa terbang itu punai kan bukan ulam Hehe Sebabnya banyak kesalahan ejaan nama yang sebenarnya sudah dikenal umum Shakespiere atau van de venter Ah mungkin editornya kurang teliti ya Jujur hal itu sempat membuat saya mogok membaca Geleng geleng kepala Saya tengok lagi sampulnya Karya Terbaik Afifah Afra Berhubung tidak punya pembanding dengan karya Afifah lainnya saya jadi bertanya tanya juga apakah Afifah sudah tidak berharap di masa depan melahirkan karya yang lebih baik dari De Winst ini Nah itu sayang sekali Ayo dong mbak berjuang Seperti saya nih yang kemudian berjuang perlahan meneruskan membaca bulu ini Ceritanya dimulai tahun 1930 an saat sebuah kapal laut beranjak dari Eropa menuju Hindia Belanda Di kapal itu ada Raden Mas Rangga Puruhita yang baru lulus sarjana ekonomi universitas Leiden hendak kembali ke kampung halamannya di Surakarta Di kapal yang sama juga ada Everdine Kareen Spinoza gadis Belanda yang pernah bersekolah di Bandung dan tahu tahu begitu tertarik pada Rangga melalui diskusi dengannya di antaranya lewat ide Karl Marx Mereka tiba di Batavia sudah saling tertarik namun tanpa harapan untuk bersatu karena di luar segala perbedaan bangsa dan budaya Rangga sudah dijodohkan dengan Rara Sekar Prembayun yang masih kerabatnya sendiriNah nasib yang dituliskan pengarang akhirnya mempertemukan kembali Rangga dan Kareen Saat itu di Surakarta Rangga telah beberapa lama menjadi pegawai di bawah orang Belanda pada pabrik gula de Winst Terjadi pergantian pimpinan di pabrik tersebut dan bos barunya ternyata adalah Jan Thijsse yang ternyata baru menikahi KareenCerita makin seru Harusnya iya Apalagi karena Sekar yang berpendidikan menengah sekolah Belanda tidak setuju dijodohkan dengan Rangga sementara Kareen mati matian meyakinkan Rangga ia terpaksa menerima Jan sebagai suaminya Rangga digambarkan sebagai cowok peragu hati kecilnya masih mendamba Kareen tapi semangat Sekar menolak pinangannya malah membangkitkan kekagumannya Konflik perasaan muncul antara ketiganya oh kelimanya kalau Kresna dan Jatmiko yang dua duanya mengaku sebagai kekasih Sekar ikut dihitung Penghubung kelima tokoh ini kemudian adalah pergerakan masyarakat menuntut perbaikan nasib yang selama ini diinjak injak kolonialis pemilik modalSelidik punya selidik teman yang meminjamkan buku ini tertarik dengan tagline di sampul buku; novel pembangkit idealisme Kok ya jadi terdengar seperti tagline Seabad Kebangkitan Nasional ya Kalau tidak salah menduga Afifah menempelkan latar belakang sejarah masa awal kebangkitan nasional untuk memperlihatkan bahwa tidak ada kata terlambat menjadi nasionalis patriot tanah air dan bangsa Mungkin idenya adalah perubahan sikap sang protagonis Rangga yang tadinya di Belanda hanya punya idealisme akademis namun beralih membela rakyat nan terzalimi oleh kolonial Tapi idealisme kerakyatan Rangga bisa dibilang terlambat kalau bukan aneh apalagi sebagai bangsawan dan pemilik saham pabrik de Winst selama ini keluarga Rangga tidak pernah terusik dengan kondisi para buruh Atau malah terlihat sebagai pelari

Review De Winst

De WinstTapi berbagai hal pelik harus ia hadapi Mulai dari ribetnya aturan kebangsawanan Keraton Surakarta perjodohan paksa dengan Rr Sekar Prembayun yang sulit ia lepaskan hingga. Udah lama pengen baca novel ini akhirnya baru beberapa hari ini kesampaian Biasanya nggak bisa baca bacaan yang terkesan berat apalagi ada unsur unsur politiknya gitu Tapi membaca ini entah kenapa ngalir aja gitu Nggak bikin bosan padahal biasanya suka mengantuk kalau baca cerita sejarahAda beberapa hal yang sangat disayangkan Beberapa kata dalam bahasa asing yang tidak dibuat footnote Dan juga kisah dalam perjuangan membangkitkan idealismenya juga masih kurang greget menurutku

Afifah Afra ☆ 0 Read

De Winst Free read ë 0 Å [Reading] ➶ De Winst ➽ Afifah Afra – Gym-apparel.co.uk Usai menamatkan sarjana ekonomi dari Universiteit Leiden RM Rangga Puruhita kembali ke Hindia Belanda untuk mempraktekkan ilmu yang ia miliki demi kemajuan para pribumi Tetapi berbagai hal pelik harus Usai menamatkan sarjana ekonomi dari Universiteit Leiden RPermasalahan ketidakadilan yang dialami para buruh pabrik gula yang digaji sangat rendah Haru biru cintanya dengan Kareen Spinoza seorang wanita Belanda pun terancam kand. what can i say a really touchy battle of love and life between a young indonesian man and a young dutch lady in the era of colonialism they got married finally even though miles and time separated them away